18 Oktober 2024

Menjaga rating atau ulasan positif adalah satu hal penting yang perlu dilakukan ketika berjualan di marketplace. Oleh karena itu, setiap membuat website toko online gratis, pastikan Anda memperhatikan betul untuk selalu memiliki ulasan positif. Ulasan berkaitan erat dengan kepercayaan calon pembeli sebelum melakukan transaksi.

Ketika sebuah toko mempunyai rating positif, maka calon pembeli akan lebih mudah percaya dan memilih produk dari toko tersebut. Sebaliknya, rating negatif akan menghilangkan rasa kepercayaan lalu menyebabkan pembeli ragu bertransaksi.

Cara Mendapat Ulasan Positif di Website Toko Online Gratis Marketplace

Ulasan biasanya diterapkan di berbagai platform jual beli, salah satunya adalah marketplace alternatif OLX yakni marketplaces.co.id. Di platform ini, pada halaman iklan akan muncul kolom khusus ulasan. Pastikan kolom tersebut berisikan ulasan positif untuk lebih menambah trust pembeli dengan cara berikut ini.

Berikan pelayanan terbaik

Sampai saat ini, kualitas pelayanan masih menjadi salah satu tolok ukur konsumen dalam membeli produk. Oleh sebab itu, perhatikan betul bagian ini agar nantinya mereka bisa memberikan ulasan positif secara suka rela karena benar-benar puas terhadap layanan Anda.

Salah satu indikator pelayanan baik adalah respons cepat ketika ada pertanyaan. Ketika Anda menjawab pertanyaan terlalu lama, maka ada kemungkinan calon pembeli akan segera pindah untuk mencari toko lainnya. Itulah sebabnya sangat penting untuk selalu stand by di platform marketplace. Anda juga bisa merekrut orang di bagian customer service untuk melayani calon pembeli.

Selanjutnya, kemudahan transaksi juga termasuk dalam kualitas layanan. Biasanya pembeli akan menilai apakah toko tersebut bagus dilihat dari seberapa cepat pengemasan dan pengiriman. Jadi, setelah sesaat terjadi deal, segera proses barang secepat mungkin.

Meminta secara langsung

Anda juga bisa meminta ulasan secara langsung pada pembeli. Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pembeli tentu akan merasa sedikit keberatan untuk dimintai tolong karena mungkin mereka tidak memiliki kepentingan apapun.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan pemancing atau tanda terima kasih kepada mereka. Sebagai contoh, berikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya ketika memberikan satu ulasan positif di toko. Cara tersebut akan lebih memungkinkan diterima dibandingkan tidak memberi timbal balik apapun.

Ucapkan terima kasih

Terakhir, ketika pembeli sudah bersedia memberikan ulasan positif, jangan lupa untuk segera membalasnya dan ucapkan terima kasih. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai sehingga hubungan baik dengan pelanggan pun akan tercipta. Tentu saja itu dapat membuat mereka lebih nyaman berbelanja di toko Anda dibandingkan tempat lainnya.

Berjualan di Marketplaces.co.id

Telah disinggung di bagian sebelumnya, marketplaces.co.id merupakan platform jual beli yang mempunyai konsep seperti OLX. Didirikan sejak 2023 lalu, Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk membuka toko online secara gratis. Untuk mulai berjualan, pengguna cukup membuat akun lalu memposting produk. Kemudian, tunggu sampai pembeli melihat iklan dan tertarik bertransaksi.

Bisa dibilang bahwa saat membuka website toko online gratis, pastikan untuk mendapatkan ulasan positif di toko Anda. Semakin banyak review kepuasan di dalamnya, maka calon pembeli akan semakin mudah percaya sehingga tidak ragu dalam bertransaksi.

Pada umumnya pembeli akan ragu ketika belum mengetahui betul bagaimana kualitas produk atau toko online. Review dari pembeli sebelumnya akan menjadi solusi atas keraguan tersebut. Oleh karena itu, lakukan langkah-langkah di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.